Pemasaran yang dulu dilakukan dengan menggunakan flyer, spanduk, koran saat ini mulai berlaih  ke media digital dan juga internet.  Maka kemudian dikenal dengan istilah  internet marketing dan digital marketing. Keduanya memiliki kesamaan tujuan yaitu strategi memasarkan produk jasa menggunakan internet.

BACA: 11 Manfaat Networking Untuk Melesatkan Bisnis

Banyak orang masih beranggapan bahwa internet marketing dan digital marketing itu sama.  Digital marketing dan internet marketing  mempunyai  persamaan yaitu sama sama memasarkan produk dengan menggunakan internet. Keduanya juga memakai strategi yang hampir sama, yaitu memakai konten untuk media pemasaran mereka, baik konten dalam bentuk blog, sosial media, dan lainnya. Selain itu, mereka juga sama-sama bisa menggunakan Search engine Optimation, dan Search Engine Marketing.

Berikut ini perbedaan internet marketing dan digital marketing supaya Anda bisa paham mengerti dan membedakan keduanya:

  1. Platform yang strategi digital marketing  lebih beragam dibandingkan internet marketing. Sementara, internet marketing hanya bentuk pemasaran yang menggunakan media internet saja sedangkan digital marketing tidak hanya menggunakan media internet saja tetapi juga media digital lainnya. Jadi secara garis besar Digital marketing sudah mencakup Internet Marketing.
  2. Internet marketing memiliki fokus memasarkan produk dengan internet untuk tujuan promosi, branding, meningkatkan penjualan dan  memberikan pengaruh kepada konsumen untuk membeli barang atau jasa. jadi cara pemasarannya lebih banyak menggunakan dan memanfaatkan website, Search Engine Optimation, SEO, Search Engine Marketing, Social Media Marketing dan lain lain. Sedangkan Digital marketing merupakan strategi pemasaran produk yang menjangkau pelanggan secara cepat, tepat melalui media digital dan internet. Media digital memiliki jangkauan lebih luass dibandingkan dengan internet marketing. Contoh pemasaran menggunakan digital marketing yaitu  iklan TVC, ebook, koran digital, company profile video, email marketing, endorse influencer, SMS broadcast, iklan pay per click, iklan banner, pay per sale, pay per lead, dan sebagainya.
  3. Fokus pemasaran menggunakan internet marketing adalah lebih pada untuk memasarkan produk saja. Berbeda halnya dengan digital marketing, fokusnya bukan saja menarik penjualan saja tetapi juga membangun Brand Awareness dan Customer Relation.

BACA: 10 Alasan Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis MLM

Kesimpulannya adalah internet marketing merupakan bagian dari digital marketing karena digital marketing tidak hanya menggunakan internet saja tetapi juga menggunakan media digital lainnya seperti iklan televisi, billboard elektronik, dan short message service (SMS).