mitos fakta bisnis mlm networking

Bisnis MLM atau Network Marketing banyak yang memandang sebelah mata  dan seringkali kurang begitu dipahami. Dan biasanya dijadikan sebagai sebuah usaha sampingan untuk mengisi waktu luang.

Padahal kenyataannya, banyak orang sukses mendapatkan kebebasan finansial dari bisnis MLM yang diikutinya. Anda perlu tahu dulu Apa itu Multi Level Marketing dan Cara Kerjanya. Sehingga Anda bisa membedakan dengan Skema Ponzy atau Money Game. Dengan demikian Anda tidak terjebak pada pemikiran bahwa MLM adalah Money Game.

MLM  merupakan salah satu skema yang bisa Anda pertimbangkan sebagai sarana meningkatkan penghasilan. Seperti halnya bisnis konvensional lainnya, untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis MLM diperlukan keuletan, kerja keras, kreatif dan inovatif dalam bekerja. Tanpa usaha dan kerja keras anda tidak mungkin akan sukses.

Berikut ini Mitos dan Fakta tentang MLM yang berkembang di masyarakat:

1. MLM adalah Money Game dengan Skema Ponzy.

Fakta: Sebuah bisnis disebut memiliki skema piramida jika tidak memiliki produk atau jasa yang jelas, dan memberi komisi pada member semata berdasar pada member baru yang bisa direkrut.

Dalam bisnis MLM yang legal, ada produk yang dijual yang bermanfaat untuk konsumen yang membelinya. Anda adalah mitra bisnis penjualan langsung dari perusahaan. Anda dibolehkan membentuk jaringan pemasar sendiri.  Merekrut jaringan pemasar baru atau downline adalah sarana untuk membentuk jaringan tim pemasar sendiri sehingga bisa meningkatkan omset penjualan Anda.

Dengan tercapainya target penjualan biasanya perusahaan akan memberikan bonus dan reward kepada mitra bisnisnya.

 

2. Hanya Upline yang atas yang diuntungkan

Fakta: Sebelum menjawab mitos ini, banyangkan sebuah perusahaan yang terdiri dari pimpinan tertinggi (misal: CEO) hingga tingkatan terendah (misal: petugas kebersihan).

Perusahaan ‘normal’ seperti itu juga memiliki tingkatan pendapatan berbeda mulai dari level paling atas hingga paling bawah.

Artinya, dalam perusahaan apapun, terdapat perbedaan tingkat pendapatan yang disesuaikan dengan level atau jabatan di perusahaan terebut.

Justru hierarki tradisional seperti inilah yang bisa dipangkas saat seseorang menekuni bisnis network marketing atau MLM.

Dalam perusahaan network marketing yang baik, setiap anggota bisa menghasilkan uang terlepas posisi mereka dalam organisasi.

Jika menjalankan bisnis ini dengan baik, tidak menutup kemungkinan seorang member yang belum lama bergabung mengalahkan tingkat pendapatan member yang lebih dahulu bergabung.

Artinya, penghasilan bergantung pada usaha tiap individu, bukan pada posisinya dalam organisasi.

3. Network marketing mengeksploitasi orang.

Fakta: Sukses dalam network marketing diperoleh melalui kerja keras dan upaya membantu orang lain mencapai tujuan mereka.

Seseorang tidak bisa mendapatkan penghasilan hanya dari kemampuannya merekrut.

Setelah merekrut, pekerjaan yang tidak kalah penting adalah membantu anggota baru untuk juga bisa memperoleh penghasilan.

Harus diakui, sebagian pemasar jaringan melihat calon potensial sebagai tanda ‘dolar’, tetapi orang-orang seperti ini tidak sesukses orang-orang yang tulus dalam upaya mereka membantu rekrutan agar juga bisa berhasil.

4. Akhirnya MLM akan jenuh karena semua orang sudah menjadi anggota.

Fakta: Jenuh atau saturasi tidak mungkin terjadi karena jumlah orang yang ‘tidak terbatas.’

Setiap hari terdapat bayi yang lahir. Setiap hari selalu ada pula orang yang akan berusia 18 tahun sehingga menambah jaringan pemasar potensial baru.

Kondisi ini sama dengan perusahaan pembuat kulkas yang selalu memproduksi ribuan kulkas setiap harinya.

Apakah pada satu titik kulkas tidak akan laku lagi? Jawabannya TIDAK. Kulkas selalu diproduksi dan selalu bisa diserap pasar.

5. Network marketing tidak bisa bekerja.

Fakta: Menurut Direct Selling Association, AS, pada tahun 2013 industri penjualan langsung meraup 31,63 miliar dolar dalam penjualan ritel di Amerika Serikat.

Di seluruh dunia, jumlah penjualan nertwork marketing mencapai jumlah 100 miliar dolar.

Angka-angka ini menunjukkan bahwa network marketing dapat bekerja.

Keberhasilan atau kegagalan tidak terkait dengan skema network marketing itu sendiri, melainkan ditentukan oleh usaha dan ketekunan dalam menjalankan bisnis ini.

Banyak pemilik usaha, blogger, pelaku internet marketing dan pelaku bisnis lainnya mengalami kegagalan. Namun bukan berarti bisnis tersebut tidak bekerja.

6. Tidak ada yang benar-benar kaya saat menjalankan network marketing

Fakta: Benar, tidak semua orang berhasil dalam network marketing. Sama seperti tidak semua orang berhasil dalam bisnis lain.

Hanya saja, menjadi kaya tidak boleh dijadikan satu-satunya ukuran dalam network marketing.

Jika menjadi kaya adalah ukuran keberhasilan, maka mayoritas karyawan dalam pekerjaan tradisional adalah kegagalan besar.

Sebaliknya, network marketing harus diukur dengan jumlah orang yang berhasil mencapai tujuan mereka.

Banyak orang di network marketing menemukan sukses ketika mereka mendapatkan cukup uang sehingga mereka tidak perlu lagi bekerja di luar atau bisa melunasi utang-utang mereka.

7. Network marketing adalah kultus

Fakta: Harus diakui, terdapat beberapa pemasar jaringan yang fanatik.

Faktanya, orang fanatik bisa ditemui dimana saja (misal: agama, organisasi, kelompok, ideologi, dll).

Untuk berhasil dalam network marketing tidak diperlukan fanatisme.

Semua yang diperlukan dalan network marketing hanya ketekunan dan pantang menyerah, resep yang juga dibutuhkan dalam lapangan hidup manapun agar bisa meraih sukses.

Anda sedang mencari Peluang Bisnis MLM Network Marketing Terbaik?

Bisnis Sinergy Ecoracing PT Bandung Eco Sinergi Technology (BEST) adalah peluang usaha yang bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang akan berbisnis network marketing karena produk-produknya yang jelas bermanfaat mudah dijual dan menjadi kebutuhan masyarakat. Perusahaan memiliki legalitas lengkap yang menjamin keamanan dan kenyamanan mitra dalam menajalankan bisnisnya bersama perusahaan tempat dia bergabung.

Salah satunya adalah produk penghemat BBM Ecoracing. Ecoracing adalah produk PT BEST yang 100% terbuat dari bahan organik yang bisa menghemat BBM hingga 50%, ramah lingkungan, dan bisa membantu perawatan mesin. Produk unggulan Ecoracing adalah Eco motor (penghemat BBM untuk motor), Eco Mobil,(Penghemat BBM untuk mobil berbahan bakar bensin) dan Eco Diesel (Penghemat BBM untuk kendaraan berbahan bakar solar).

Demikian ulasan tentang mitos dan fakta seputar MLM atau Network Marketing yang berkembang di masyarakat. Dengan memahami hal ini diharapkan Anda tidak terjebak pada pemikiran bahwa MLM adalah Money Game dengan Skema Ponzy. Dan pula Anda bisa menjadikannya sebagai sebuah peluang usaha untuk menambah penghasilan.

Translate »
Follow by Email
YouTube
Instagram