manfaat networking untuk melesatkan bisnis

Membangun sebuah bisnis perlu inovasi dan kreatifitas. Selain fokus pada penjualan produk, sebagai seorang pebisnis Anda harus menjalankan networking. Memiliki networking yang kuat sangatlah penting.  Dengan adanya networking ini Anda bisa mencapai target penjualan dan mendapatkan keuntungan maksimal dengan mudah.

Apa itu Networking?

Perlu diketahui bahwa membangun bisnis tidak bisa dilakukan dan mengerjakan semua hal sendirian. Anda pasti membutuhkan relasi yang bisa membantu Anda memberi masukan dalam mengembangkan bisnis. Dan hal ini bisa menjadi jalan membuka  peluang bisnis yang lebih luas. Semakin banyak Anda menjalin relasi membangun networking maka semakin besar pula peluang Anda menjadikan bisnis semakin besar. Inilah yang disebut sebagai Networking.

Para ahli bisnis menyebutkan bahwa tingkat kepentingan networking bisa lebih dari 60 persen. Hal ini bisa dilihat jika semakin besar sebuah usaha maka akan semakin luas pula jaringan relasinya.

BACA: Cari Peluang Usaha, Bisnis Ecoracing Solusinya

Manfaat Networking Untuk Melesatkan Bisnis

Networking menjadi salah satu pekerjaan wajib dalam menjalankan bisnis karena memiliki banyak manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan Profil Bisnis Anda

Jika Anda mempunyai networking bisnis yang luas maka bisa berguna untuk mengenalkan dan meningkatkan profil bisnis Anda. Hal ini karena akan semakin mudah dan cepat profil bisnis Anda tersebar melalui berbagai jalur komunikasi. Networking sangat membantu anda dalam promosi dan membentuk brand awareness bisnis Anda. Profil bisnis bisa disebut sebagai nama baik bisnis Anda di mata pelanggan.

Semakin luas profil bisnis anda dikenal maka akan membuka peluang baru klien-klien baru yang akan berinvestasi di bisnis Anda. Jikaklien baru puas atas produk dan layanan bisnis Anda, secara otomatis biasanya mereka akan merekomendasikan bisnis Anda ke pelanggan lainnya.Profil bisnis sama seperti nama baik. Dengan kata lain brand bisnis Anda. Nah dengan memiliki partner yang luas, kualitas dan kuantitas bisnis Anda cepat tersebar melalui berbagai jalur komunikasi. Sehingga, Anda secara tidak disengaja terbantu dalam hal promosi dan brand awareness.

BACA: 10 Alasan Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis MLM

Semakin luas networking yang anda miliki, tentunya akan semakin luas pula nama baik bisnis anda tersebar. Hal ini bisa membuka peluang klien baru yang datang untuk berinvestasi di usaha anda.

Sebenarnya hal ini juga bisa menjadi salah satu teknik pemasaran yang paling ampuh. Sebab bila sudah ada banyak klien yang puas dengan hasil kerja bisnis anda, maka mereka akan merekomendasikan bisnis anda ke perusahaan lain.

2. Menciptakan Kolaborasi Bisnis Baru

Networking yang baik akan bisa membuat bisnis menjadi semakin kuat. Kerjasama kerjasama bisnis akan dengan mudah tercipta dan akan menghasilkan peluang bisnis baru yang lebih besar.

Selain itu juga , dengan kolaborasi yang baik akan membuka lebar terciptanya inovasi inovasi baru pada produk dan layanan bisnis Anda

3. Analisa Big Data Menjadi Semakin Mudah

Big Data merupakan semua data yang berkaitan dengan bisnis Anda baik pangsa pasar maupun trend. Jika anda memiliki networking yang luas maka anda bisa dengan mudah mengumpulkan data dengan mudah untuk analisa mengembangkan bisnis.

Sebagai contoh, misalkan mitra Anda dibagian agen pemasaran memperoleh sebuah data trend tentang motif warna. Nah karena Anda merupakan pebisnis pada bagian produksi, Anda bisa membuat inovasi agar bisa ikut kecipratan trend yang ada.

4. Membuka Peluang Bisnis

Salah satu ciri pebisnis sukses adalah sukses membangun networking. Mereka akan terus membangun networking tanpa henti karena mereka tahu manfaat dan keuntungannya. Semakin banyak anda menjalin kerjasama dengan relasi maka semakin besar peluang bisnis baru akan terbuka.

Sebagai contoh Anda bisa mendapatkan peluang bisnis baru dari relasi teman bisnis Anda. Oleh karena itu teruslah menambah relasi networking untuk mendapatkan peluang peluan bisnis baru.

Tidak menutup kemungkinan, salah satu dari orang yang anda kenal dari relasi bisnis mengajak anda sebagai partner untuk membuka usaha baru. Hal ini tentu bukan hal yang merugikan anda.

Atau sebaliknya, anda bisa mengajak salah satu orang dari networking bisnis anda sebagai partner dalam membuka usaha baru. Sehingga anda bisa membagi tugas utama dalam sebuah bisnis untuk 2 orang.

5. Networking Membuat Perkembangan Bisnis Menjadi Semakin Pesat

Networking bisa membuat bisnis berkembang lebih mudah dan cepat. Segala macam solusi atas permasalahan bisnis Anda akan bisa Anda dapatkan jika memiliki networking yang baik.

Mungkin jika kita ambil contoh secara sederhana, networking bisa di ibaratkan seperti sebuah teamwork. Bekerja sama mencapai tujuan bisnis berdasarkan apa yang menjadi target dalam bisnis. Anda bisa meminta bantuan kepada partner Anda, nah secara tidak langsung Anda juga membantu perkembangan bisnis partner Anda tersebut.

BACA: 3 Cara Ampuh Membangun Jaringan MLM Yang Kuat

Dari sini timbul usaha untuk saling menguntungkan antara satu dan yang lainnya. Kegiatan semacam ini sering terjadi.

6. Memudahkan Inovasi Produk

Para entrepreneur sukses tentu akan menjalin relasi untuk memudahkan dalam inovasi produk. Hal ini dikarenakan networking akan memudahkan analisa data.

Misalnya ketika kamu memiliki mitra di agen pemasaran memperoleh pengumpulan data yang dilakukan oleh para pebisnis. Oleh karena itu, apa manfaat networking untuk bisnis yaitu dapat meningkatkan kesempatan bisnis yang diperoleh.

7. Tempat Promosi Terbaik

Relasi Bisnis adalah tempat promosi yang baik. Relasi bisnis tidak hanya membantu promosi produk tetapi juga dapat memberikan masukan kritik dan saran untuk perbaikan produk dan layanan bisnis Anda.

Semakin baik kualitas produk dan layanan bisnis Anda maka akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga Anda bisa mendapatkan pelanggan pelanggan baru dari rekomendasi para pelanggan yang sudah merasakan produk dan layanan bisnis Anda.

Anda semua pasti sudah menyadari bahwa orang terdekat kita baik sahabat, teman, keluarga maupun saudara merupakan salah satu tempat promosi terbaik. Tetapi dalam sebuah bisnis, ada satu lagi tempat promosi terbaik yaitu ke relasi bisnis anda.

Contoh bila packaging dari produk anda kurang menarik, mereka akan memberi masukan bagaimana cara anda memperbaiki kemasannya dengan desain yang lebih catchy di mata calon pelanggan.

8. Memperluas Pergaulan

Adanya networking dalam bisnis bisa memperluas rejeki Anda dikarenakan dalam networking akan menyambung silaturahmi dengan orang banyak.

Pergaulan yang luas dengan para relasi bisnis dapat saling mengisi dan mendukung satu sama lain. Dengan demikian akan tercipta peluang bisnis yang baik, melengkapi dan menyempurnakan.

9. Memperbanyak Opini Yang Masuk Sebelum Mengambil Keputusan

Opini menjadi pertimbangan dari dampak baik dan buruk sebuah keputusan yang diambil. Oleh karenanya perlu dipersiapkan secara matang supaya pengambilan keputusan bisnis tidak salah.

Networking bisa menambah masukan opini opini baru. Anda mungkin perlu masukan masukan dari orang orang yang berpengalaman dan bisa anda percaya. Tidak hanya dari dalam perusahaan Anda tapi juga dari pihak luar yang bisa Anda percaya.

Pengambilan keputusan yang baik berdasarkan opini yang tepat akan membantu menentukan masa depan bisnis Anda. Jika anda salah dalam pengambilan keputusan maka bisa berakibat fatal pada kerugian Anda dalam menjalankan bisnis .

10. Meningkatkan Pendapatan Usaha

Semakin banyak networking yang Anda bangun maka semakin besar Anda bisa mempromosikan produk dan layanan Anda sehingga dapat menambah pendapatan usaha. Relasi bisnis bisa menjadi klien baru Anda.

Bukan hanya soal produk, relasi bisnis juga bisa memperkenalkan anda ke klien baru. Sehingga bisnis anda bisa lebih berkembang berkat bantuan networking yang anda bangun dengan baik.

BACA: 9 Bisnis Networking Yang Populer Di Indonesia

11. Membiasakan Diri Bersaing Secara Sehat

Ketika membangun networking, anda pasti akan bertemu dengan kompetitor bisnis anda sendiri jika relasi bisnis Anda memiliki bisnis yang serupa. Namun demikian, untuk menjaga networking supaya tetap berjalan baik maka Anda harus membiasakan bersaing dengan sehat. Hal ini akan menghindari Anda dengan mengambil cara cara yang tidak baik hanya demi mengembangkan bisnis.

Bersaing secara sehat juga artinya anda tidak perlu bermusuhan dengan kompetitor. Biarkan saja penjualan dan pengembangan bisnis menjadi urusan professional, sedangkan pertemanan dan networking adalah urusan sosial.

Demikianlah ulasan singkat manfaat networking dalam melesatkan bisnis.  Semoga bermanfaat untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal yang perlu diingat, networking adalah hal penting dalam dunia bisnis karena bisa membuka pintu rejeki Anda dengan menjalin hubungan baik dengan para relasi bisnis dan pelanggan Anda.

 

Translate »
Follow by Email
YouTube
Instagram